Selasa, 24 Juni 2008

Pergumulan Kita

Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM)

Writen by : Fredrik Dandel

Pemerintah Republik Indonesia pada Sabtu, 24 Mei 2008 telah mengumumkan kenaikan harga BBM hingga mencapai 28,7%. Dampak dari keputusan tersebut sangat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia terutama masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Kesulitan ekonomi adalah sesuatu hal yang tidak dapat tidak, menjadi konsumsi keseharian masyarakat. Demonstrasi massa, sampai saat ini masih terus bergema. Dari Mahasiswa sampai kepada PKL dan Sopir Angkot melakukan orasi dimana-mana menentang keputusan tersebut. Di lain pihak pemerintah menyatakan bahwa keputusan tersebut tidak dapat ditawar-tawar lagi, jikalau tidak ingin melihat bangsa Indonesia terpuruk lebih dalam lagi. Alasan tersebut cukup dapat dipahami mengingat kenaikan harga BBM adalah merupakan persoalan global yang melanda dunia.

“Saya mengharapkan semua elemen masyarakat dapat memahami kenaikan harga BBM oleh pemerintah, karena hal ini demi untuk kesejahteraan masyarakat” ungkap salah seorang petinggi di Daerah Maluku seperti yang dikutip dari harian pagi Ambon Ekspres, selasa tanggal 27 Mei 2008.

Sebagai kompensasi terhadap kenaikan harga BBM tersebut, pemerintah menggulirkan kebijakan pembagian Biaya Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat miskin di Indonesia. Tak pelak kebijakan tersebut menimbulkan pro dan kontra di kalangan tokoh masyarakat Indonesia. Mugkinkah kebijakan tersebut dapat menjawab kesulitan yang dialami oleh rakyat Indonesia saat ini?. Belum lagi ditambah persoalan peliknya pembagian dana BLT tersebut yang disebabkan tidak akurasinya data masyarakat miskin di berbagai daerah.

Apa yang harus kita perbuat, menyikapi realitas tersebut? Sebagai Umat Tuhan yang mendiami negeri Indonesia tercinta ini, KKSU-TSB dituntut supaya tidak berpangku tangan saja. Mari bersama-sama kita kumpulkan dupa kita, bakar dan naikan kepada Tuhan bersama pergumulan seluruh Umat-Nya dalam doa di sepanjang bulan ini :

1. Berdoa bagi seluruh anggota KKSU-TSB, serta bagi seluruh rakyat Indonesia supaya Tuhan memberi kekuatan dan jalan keluar untuk menghadapi dan mengatasi kesulitan ekonomi.

2. Berdoa bagi Bapak Presiden, Bapak Wakil Presiden serta seluruh jajarannya, supaya diberikan hikmat dan kekuatan untuk memimpin Bangsa Indonesia bangkit dari keterpurukan ekonomi, dan membawa rakyat Indonesia menuju masyarakat adil dan makmur.

3. Berdoa supaya semua kejadian yang ada, tidak akan membawa kepada tindakan anarkis yang akhirnya menelan korban jiwa dan harta benda, sampai kepada disintegrasi bangsa.

4. Jangan lupa berdoa juga, bagi Daerah Maluku dalam menghadapi PEMILUKADA yang sedianya akan diperhelatkan pada 09 Juli 2008. Kiranya terhindar dari segala bentuk tindak kekerasan, menimbulkan kerusuhan yang hanya akan menambah daftar panjang penderitaan masyarakat Maluku.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons